fenomena blue moon






Blue moon atau bulan biru bukanlah sesuatu yang menggambarkan bahwa pada hari itu terjadi bulan berwarna biru. Namun bulan biru adalah bulan purnama yang janggal dari sisi jumlah bulan purnama dalam satu tahun.

Biasanya dalam satu tahun ada 12 kali bulan purnama , sehingga dalam satu bulan terjadi satu kali bulan purnama. Karena revolusi bumi dalam perhitungan mengelilingi matahari (tahun Masehi) dan bulan mengelilingi matahari (tahun Hijriyah) beda 11 hari maka dalam 3 kali revolusi akan terjadi perbedaan sebulan lebih. Kita mengetahui bahwa bulan membutuhkan waktu 29,5 hari ke posisi semulanya. Berarti 1 bulan masehi dapat terjadi dua kali walaupun dalam satu tahun 12 kali bulan purnama. 1 bulan purnama terakhir dalam 1 bulan masehi disebut bulan biru.
Mengapa disebut bulan biru?

Tidak ada yang pernah tahu mengapa bulan purnama terakhir itu disebut bulan biru, namun pernah ada yang mengatakan bahwa ketika bulan purnama terakhir dalam satu bulan itu terjadi, kebakaran melanda hutan di Kanada. Karena kebakaran tersebut, sinar yang datang akan tampak seperti warna biru. Biasanya blue moon terjadi 3 tahun sekali, Agustus 2012 kemarin terakhir terjadi blue moon, dan diprediksi Juli 2015 akan terjadi bluemoon kembali.

0 komentar:

Posting Komentar