Pesen untuk temen-temen tersayang yang nilainya pas KKM

Kalau dalam belakang cover biologi kelas XII, penerbit  erlangga. ada quotes yang bikin kita sadar untuk apa kita sekolah, dan mungkin itu menjadi dorongan lebih buat kita yang udah patah semngat soal nilai uas-uasnya. Buku itu mengutip kata-kata Charles sanders Pierce, seorang penulis, plus politikus handal New York.  Kata abah Charles itu:

Ada satu hal yang lebih penting bagi ilmu pengetahuan daripada metode cerdas; dan itu adalah keinginan tulus untuk menemukan kebenaran, apapun itu.”

Mungkin temen-temen udah dapet kesimpulannya langsung. Dan mudah-mudahan kata abah Charles ini berdampak pada kita. Tapi kalau boleh ditafsir, yang lebih penting itu bukan tentang sebuah metode mudah memecahkan masalah, namun bagaimana masalah itu dapat dikeruk pengetahuannya dan diambil pelajarannya. Hal ini dimiliki setiap manusia dan sesuatu yang tulus untuk menemukan kebenaran, kebenaran itu ilmu, apapun itu. Kesimpulannya: hidup bukan tentang nilai, masa bodoh kalau nilai kita jelek atau pas KKM, tapi ilmu hidup yang penting adalah semangat kita untuk mencari kebenaran, semangat untuk belajar, sehingga kita menemukan sebuah ilmu.

Ngacung kalau setuju jika seseorang yang nilainya jelek, karena dia gamau belajar, dan ga ada yang didapat dikelas. Ga ada yang ngacung kan? Jadi nilai UAS gaada hubungannya sama besarnya keinginan kita menemukan ilmu. Apapun ilmu itu.

Tapi di Indonesia, ngebuat nilai kuantitas sebagai acuan masa depan siswa, yaitu kuliah. Itu sangat bagus karena nilai tersebut ngebuat kita termotivasi. Tapiii.. semua siswa berlomba, dan itu ngebuat persaingan dikelas bergeser pada keegoan, ingin dilihat pintar oleh guru dan siswa lain, dan tidak memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mendapat nilai tersebut, dampak yang lebih jauh: yang pinter tambah pinter, yang bodoh makin bodoh.

Semangat untuk kita!! Jangan pantang menyerah kalau nilai UAS kita jelek, bagi rapot nanti turun nilainya, kalau jalur undangan dan jalur tertulis gagal, setahun ga kuliah, dan kita kerja nanti cuman jadi pemulung mungkin. Karena yang penting dihidup kita:
….. menemukan kebenaran, apapun itu”

Jangan menyerah, siap untuk suskses dan nomor 1 dibidang yang kita suka.

0 komentar:

Posting Komentar